Penataan Situ Ciburuy Amburadul, Wisatawan Merosot

Penataan Situ Ciburuy Amburadul, Wisatawan Merosot
KBB - Gerakan Sadar Wisata dan aksi sapta pesona berlangsung di Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (27 /8). Rangkaian acara ditandai dengan kegiatan membersihkan lingkungan Situ Ciburuy. 

Acara ini dihadiri oleh Bupati Bandung BaratAbubakar, anggota DPR RI Dadang Rusdiana, perwakilan dari Kementerian Pariwisata Arum Daman Ri antias, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bandung Barat Wawan Herawan, dan sejumlah kepala SKDP. 

Semua tamu undangan tak terkecuali Dadang Rusdiana ikut terjun langsung membersihkan sampah rumah tangga maupun daun yang j atuh ke tanah. Sampah itu dikumpulkan untuk kemudian dibuang ke TPA Sarimukti. 

"Saya berharap aksi membersihkan lingkungan Situ Ciburuy ini tidak hanya dilaksanakan hanya ada pada acara seperti sekarang ini. Tapi rutin setiap hari, paling tidak dilaksanakan setiap Jumat," kata BupatiAbubakar. 

Diingatkannya, terjaganya lingkungan Situ Ciburuy akan memiliki dampak ikutan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, semakin banyak wisatawan yang berkunjung akan berpengaruh langsung pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Kabupaten Bandung Barat uar biasa, menjadi potensi yang b i s a dikembangka n untuk dunia pariwisata. Tapi itu semua tidak akan terlalu banyak berarti bilamana t i d a k diimbangi kreativitas," kata Bupati.

ia mencontohkan Floating Market Lembang yang memanfaatka n Situ Umar sebagai daya tariknya. Berkat kreativitas dalam penataannya menjadi destinasi wisata yang diburu wisatawan. 

"Orang sampai rela macet­macetan buat datang ke Floating Market. Padahal dulunya Situ Umar hanya dijadikan tempat pemancingan galatama, tapi sekarang disulap menjadi destinasi wisata yang memgundang banyak wisatawan," kata Bupati. 

Oleh karena itu ia berharap Situ Ciburuy bisa ditata dengan baik sehingga mampu menarik wisatawan berkunjung. Panorama alamnya yang indah sudah menjadi aset luar biasa tinggal bagaimana tangan-tangan kreativitas menatanya. 

"Insha Alloh, jika saptapesona sudah terbangun, yaitu tercipta rasa aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan memberikan kenangan indah, objek wisata di KBB akan selalu ramai dikunjungi wisatawan," tandasnya. 

Anggota DPR RI Dadang Rusdiana mengatakan, objek wisata Situ Ciburuy lokasinya berbaur dengan pemukiman penduduk. N amun hal itu bukan berarti menjadi persoalan dalam penataannya. 

"Tidak perlu menggusur bangunan yang kadung sudah terbangun. Cukup mendesain ulang supaya bangunan tersebut memiliki dua muka, menghadap ke Situ Ciburuy dan arah lain. Terkecuali yang belum terbangun dibuat seartistik mungkin. Sediakan pula tempat buat nongkrong," kata Dadang Rusdiana. 

Upaya untuk menjaring wisatawan, lanjut politikus dari Partai Hanura ini, perlu diselenggarakan even rutin tahunan. Terobosan-terobosan ini diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisata ke Situ Ciburuy. 

"Perlu terobosan barn seperti menggelar even yang bisa membuat orang tertarik untuk berkunjung. Me nyangkut promosinya jangan khawatir karena sudah menj adi kewenangan pemerintah pusat. Anggaran promosi ini mencapai Rp. 3 triliun cukup besar, pemerintah daerah tinggal berkonsentrasi menjaga dan menata objek wisata," kata anggota Komisi X ini ungkapnya. 

Posting Komentar

0 Komentar