Ada Benda Mirip Born di Pusat Perkantoran KBB, PNS Berhamburan Keluar Kantor

Ada Benda Mirip Born di Pusat Perkantoran KBB
KBB - Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berkantor di kompleks perkantoran Pemkab Bandung Barat, Kecamatan Ngamprah dibuat heboh setelah ada penemuan dua benda berbentuk kotak seukuran aki motor berwama hijau tua didekat panel utama listrik, Selasa (16/8) sekitar pukul 11.30 WIB. Kedua benda itu ditemukan Rangga, seorang petugas kebersihan yang sedang membabat rumput di sekitar bangunan panel listrik. 

Kemudian satu dari dua benda tersebut dibawa ke Kantor Satpol PP yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi penemuan. Dia bermaksud melaporkan benda yang masih ditempeli dua kabel berwarna merah dan hi tam itu. 

Benda itu memiliki tulisan "Pindad". Khawatir benda itu born, petugas Satpol PP kemudian meletakan benda tersebut di halaman gedung Satpol PP dan kantor Kesbang Pol. Petugas Satpol PP kemudian menghubungi polisi untuk memeriksa benda mencurigakan tersebut. 

Tak lama kemudian, petugas Polres Cimahi dan Polsek Padalarang datang. Setelah melakukan pemeriksaan, polisi kemudian memasang police line di dua lokasi benda mencurigakan tersebut. Benda yang berada dihalaman Satpol PP masih memiliki kabel. 

Untuk pengamanan, Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Maman. S. Sunjaya mengeluarkan perintah untuk mengosongkan kompleks perkantoran. Namun sebagian dari PNS bukannya pulang atau menjauh dari lokasi penemuan benda mencurigakan tersebut, malah banyak yang mendekat. 

"Takut sih takut, tapi penasaran juga ingin melihat," kata salah seorang PNS. Tim Jihandak Brimob Polda Jabar yang datang ke lokasi sekitar pukul 15.00 WIB langsung mengamankan dua benda mencurigakan tersebut. 

Namun ternyata benda mencurigakan yang diduga born itu hanyalah material bekas simulasi atau latihan Kopassus yang digelar 30 Juli lalu. Benda tersebut sama sekali tidak mengandung bahan peledak. 

"Bukan born seperti yang ramai dibicarakan, itu hanya benda yang bentuknya memang menyerupai born bekas digunakan Kopassus untuk latihan akhir bulan lalu," kata Bupati Bandung BaratAbubakar, seusai peringatan HUT ke 71 RI di Lapangan RSJ Jawa Barat, Cisarua, Rabu (17 /8).

Kopassus meminta 1zm menggunakan lapangan di sekitar kompleks perkantoran untuk kegiatan latihan, Sabtu (30/7) malam. Diduga dua benda bekas latihan itu belum sempat diambil. 

"Saya sempat khawatir kalau benda yang ditemukan di kompleks perkantoran itu born," kata Bupati. 

Bupati mengetahui kabar tersebut dari Kapolres Cimahi, AKBP Ade Ary Syam Indradi saat menghadiri rapat paripuma di Lembang, Selasa (16/8). Kapolres menunjukan foto dalam WA yang memperlihatkan penemuan benda mencurigakan di kompleks 

perkantoran Pemkab Bandung Barat. 

"Pak Kapolres bergegas minta izin untuk mengecek ke lokasi. Saya pun langsung berkoordinasi dengan seluruh staf. Demi keamanan akhirnya Sekda memerintahkan untuk mengosongkan gedung." 

Menyangkut keamanan kompleks perkantoran, Bupati mengatakan, sudah menerapkan keamanan berlapis. Ring pertama atau diluar ditempatkan petugas Satpol PP, sedangkan didalam ditempatkan petugas Kamdal, tandasnya. 

Posting Komentar

0 Komentar